Skip to main content
memasarkan bisnis online

11 Tips Terfavorit untuk Memasarkan Bisnis Online

Memasarkan bisnis online – Bisnis online memang kini sedang ‘booming’. Namun rasanya masih banyak pengusaha online kita kesulitan memasarkan bisnis online. Padahal ada banyak cara untuk mengambil perhatian miliaran calon konsumen di luar sana.

Setelah anda membaca artikel sebelumnya tentang peluang bisnis online, mungkin anda sudah memiliki inspirasi tentang bisnis online apa yang akan ada lakukan. Setelah itu, artikel ini akan memberikan referensi kepada anda tentang cara terfavorit untuk memasarkan bisnis online anda.

Memasarkan Bisnis Online

Memasarkan bisnis online sering menjadi kendala bagi pelaku bisnis online pemula. Padahal, ada banyak pilihan cara pemasaran online yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Berikut 11 tips memasarkan bisnis online terfavorit dikalangan pelaku bisnis.

11 Tips Memasarkan Bisnis Online

Dalam artikel ini, tersedia 11 tips terfavorit pemasaran online yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk memasarkan bisnis anda. Ini tercipta semata-mata untuk merebut pangsa pasar atau calon pembeli yang tiap hari makin bertambah jumlahnya. Jadi, tunggu apa lagi, baca terus tulisan ini dan silakan mencobanya!.

1. Berkolaborasi dengan Blogger Populer

Menjangkau ke blogger populer di niche Anda mungkin merupakan cara yang efektif untuk memasarkan bisnis online Anda, terutama jika Anda memiliki sesuatu yang bernilai untuk ditambahkan ke salah satu posting mereka. Jika Anda menemukan blogger populer yang sering menulis tentang subjek tertentu yang berkorelasi langsung dengan lini pekerjaan Anda, mengapa tidak menjangkau dan mencari cara untuk berkolaborasi?

Cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan menawarkan layanan Anda sebagai blogger tamu. Jelas, Anda harus memiliki latar belakang yang baik dalam menulis sendiri, dan mungkin sulit untuk menemukan blog populer yang bersedia mengizinkan Anda melakukan ini, tetapi itu akan bernilai jika Anda akhirnya mengamankan pos tamu.

2. Secara Teratur Berkontribusi dalam Forum

Banyak orang memiliki postingan strategis dalam forum diskusi. Mereka keluar dan menjatuhkan tautan berisi spam, dan mereka bertanya-tanya mengapa mereka keluar dari forum. Anda tidak bisa melakukan itu. Jika Anda serius tentang memasarkan bisnis online Anda, ketika Anda menemukan forum khusus industri, bergabunglah dalam percakapan dan tambahkan nilai sebelum Anda mencoba untuk menautkan tautan.

Tak ada yang suka dengan seseorang yang datang sebagai tamu baru di forum tapi sudah memulai memberi tautan. Sekali lagi, Anda harus berpikir tentang melakukan sebagian besar pekerjaan untuk pengembalian awal yang paling sedikit. Tambahkan nilai. Mengobrol dengan orang lain. Membuat saran. Jawab pertanyaan. Jangan tautan spam. Tambahkan tautan Anda ke tanda tangan Anda setelah beberapa posting atau setelah aturan forum memungkinkan Anda untuk melakukannya, tetapi jangan mencoba mengarahkan orang ke situs Anda. Ini tidak akan berjalan dengan baik untuk Anda jika Anda melakukan itu.

3. Tawarkan Produk atau Layanan Gratis kepada Pelanggan

Penelitian telah menegaskan bahwa orang lebih cenderung menerima sesuatu secara gratis daripada mereka membayar harga nominal untuk itu. Jadi, mengapa tidak memberikan layanan atau produk gratis kepada pelanggan Anda? Mungkin Anda menawarkan konsultasi 15 menit gratis atau produk entry-level yang ingin Anda berikan.

Apa pun yang Anda tawarkan, pastikan untuk mengamankan detail kontak pelanggan agar Anda dapat menghubungi mereka nanti. Jika Anda memberikan layanan gratis, Anda memiliki kesempatan saat itu untuk meningkatkan pelanggan itu ke layanan berbayar Anda. Orang-orang lebih cenderung merasa seperti mereka berutang pada Anda ketika mereka menerima sesuatu secara gratis juga.

4. Gunakan Situs Cantuman Bisnis seperti Yahoo dan Google Lokal

Jika Anda menjalankan bisnis lokal dan ingin menarik pelanggan terdekat atau menawarkan beberapa layanan profesional yang secara geografis spesifik, Anda harus mencantumkan bisnis Anda di situs cantuman bisnis lokal seperti Yahoo Lokal dan Google Lokal.

Google Local, cara yang sangat efektif untuk mendaftar dan memverifikasi informasi bisnis Anda, memberikan detail publik seperti alamat perusahaan Anda untuk penampilan Google Maps, jam buka toko dan informasi lain yang terkait dengan bisnis Anda. Pastikan Anda menyimpan informasi ini dengan akurat dan terbaru.

5. Optimalkan Situs Web Anda untuk SEO

Jelas, optimalisasi situs Anda untuk kata kunci yang relevan merupakan aspek penting dari pemasaran bisnis online Anda. Namun, satu hal yang perlu diingat, jika bisnis Anda baru (misalnya kurang dari dua tahun) dan Anda telah membangun otoritas atau konten yang sangat sedikit, Anda akan memiliki peringkat yang sulit di bagian atas SERP Google untuk kata kunci apa pun yang sedikit kompetitif.

Tujuannya, untuk membangun konten yang sangat baik, tetapi juga memastikan bahwa Anda mengoptimalkan SEO Laman dan Off-Laman situs Anda. Meskipun ini dapat menjadi diskusi yang sangat panjang, perhatikan hal-hal seperti kecepatan situs Anda, kegunaan seluler, deskripsi meta, profil tautan, tingkat membaca, mengutip sumber, kualitas konten, wawasan dan sebagainya. Ini lebih disamakan dengan maraton daripada lari cepat, jadi jangan berkecil hati dalam jangka pendek jika Anda tidak melihat hasil yang luar biasa.

6. Co-sponsor Penghargaan atau Giveaway dalam Kontes

Temukan sesuatu yang dapat Anda berikan dan dukung bersama penghargaan atau kontes dengan perusahaan, grup atau profesional lain di bidang Anda. Gunakan alat seperti LinkedIn dan Facebook untuk jaringan dengan orang lain, dan cari perusahaan lain yang berpikiran sama atau profesional yang bersedia melakukan penghargaan atau giveaway dengan Anda. Intinya di sini untuk menambah nilai di mata publik.

7. Beri Ceramah di Konferensi Profesional atau di Webinar

Jika Anda seorang yang berwenang di bidang memasarkan bisnis online, mengapa tidak memberikan ceramah di konferensi atau webinar profesional? Tentu saja, ‘TED Talks’ akan menjadi saran pertama untuk konferensi profesional, tetapi Anda dapat berbicara di sejumlah konferensi lain atau bahkan webinar yang dilakukan secara online.

Memasarkan bisnis online, webinar adalah salah satu alat yang paling kuat untuk menjual hampir apa pun kepada khalayak yang sangat terlibat. Semakin besar jumlah penonton, semakin besar kemungkinan Anda dapat menjual produk atau layanan Anda. Jangka panjang, ini pasti akan memberi Anda eksposur dan memungkinkan Anda untuk membangun lebih banyak otoritas dari waktu ke waktu, dan ini merupakan bagian portofolio atau resume yang sangat baik yang dapat digunakan juga, terutama dalam kasus keterlibatan berbicara profesional.


8. Gunakan Siaran Pers untuk Mengomunikasikan Berita atau Acara Perusahaan yang Penting

Siaran pers tidak akan memberi Anda liputan langsung media. Sementara beberapa profesional media akan menggunakan outlet seperti Help a Reporter, atau bahkan menjelajahi situs siaran pers seperti PR Web, Anda mungkin tidak akan mendapatkan liputan berita instan apa pun dengan mengeluarkan siaran pers.

Namun, siaran pers yang ditulis dengan baik dan memiliki profil tautan yang sehat dapat membantu Anda secara marjinal dengan SEO, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengomunikasikan berita atau acara perusahaan yang penting yang kemudian dapat Anda gunakan untuk secara aktif mengejar saluran media dengan melalui PR yang tepat. saluran.


9. Buat Tanda Tangan Email Bermerk

Salah satu cara termudah untuk memasarkan bisnis online, dengan menggunakan tanda tangan email bermerk. Tempatkan tautan Anda dan potensi apa pun yang dapat diterima perusahaan Anda langsung ke tanda tangan surel Anda. Ini membantu secara pasif mempromosikan bisnis Anda kepada orang-orang yang Anda hubungi setiap hari.

Anda harus menyertakan tautan media sosial di tanda tangan email Anda juga, bersama dengan tautan yang relevan ke bagian pemasaran perusahaan yang penting – brosur digital atau potongan berita yang menampilkan perusahaan Anda. Jatuhkan slogan kecil atau slogan satu kalimat tentang bisnis Anda dan misinya juga.

10. Terapkan Aturan Diskon 80-20 Persen

Aturan 80-20, atau Prinsip Pareto, menyatakan bahwa 80 persen hasil berasal dari 20 persen upaya. Pada dasarnya, hanya sebagian kecil dari apa yang kita lakukan yang benar-benar menghasilkan hasil. Namun, ini juga berlaku untuk penjualan, yang menyatakan bahwa 80 persen dari pendapatan Anda berasal dari 20 persen klien Anda.

Jika Anda dapat mengidentifikasi klien mana yang menghasilkan pendapatan terbanyak untuk bisnis Anda, Anda dapat menskalakan penjualan Anda dengan mengirimkan mereka penawaran dan diskon tambahan untuk layanan dan produk lain. Anda juga dapat mengarahkan pemasaran online Anda langsung ke klien ini jika mereka menggunakan sistem portal untuk masuk atau jika mereka dilacak cookie.

11. Posting Foto dan Video dengan Hashtag yang Relevan

Ada sejumlah situs otoritas domain-tinggi yang dapat Anda posting foto dan video untuk membangun pengikut. Pintrest, Flickr, Tumblr dan Instagram muncul di pikiran pertama. Gunakan hashtag dan deskripsi yang relevan untuk mengategorikan dengan tepat apa yang Anda posting tentang, dan ikuti orang lain di industri Anda atau posting niche dengan hashtag itu.

Ini bukan teknik pemasaran online yang akan menghasilkan penjualan instan atau bahkan lalu lintas instan. Butuh waktu. Tapi selama Anda menambahkan nilai dan Anda bersemangat tentang apa yang Anda lakukan, Anda akan membangun yang menindaklanjuti selama beberapa bulan dan tahun mendatang. Pastikan untuk berkomentar, suka dan terlibat dengan pos orang lain semaksimal mungkin untuk mendapatkan diri Anda di luar sana pada awalnya.(dps/art)

Share yuk..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.