Skip to main content

Ini Bisnis Mendapatkan Uang dari Internet yang Bisa Kamu Kerjakan!

Bisnis apa ya, kira-kira yang pas untuk mendapatkan uang di internet dengan cepat? Pertanyaan seperti ini sering muncul dalam pikiran kita. Manakala kita mengimpikan untuk menjadi seorang pengusaha namun tak perlu membutuhkan biaya besar, mungkin salah satunya menulis online. Dengan menulis online kita memang tak butuh mengeluarkan biaya besar. Hanya kita perlu terus belajar dan konsisten. Jadi berhasil menjadi penulis online tak ada pertanyaan lagi, bisnis apa ya yang perlu kita pilih.

Seperti yang pernah saya tuliskan di Blog ini, panduan untuk mencari uang di internet  sebenarnya sudah cukup jelas. Di artikel ini secara teknis sebenarnya sudah saya berikan ulasan bagaimana menjadi seorang penulis online untuk mendapatkan uang secara mudah di internet. Namun, ketika artikel ini saya bagikan (share) ke beberapa media sosial seperti facebook, twitter dan beberapa media sosial berbahasa Inggris, masih saja ada yang bertanya: bisnis apa ya yang pantas buat saya?

Parahnya, sebagian nitizen bertanya lagi: bagaimana caranya? Hahahaha,,, padahal di isi tulisan itu sudah dijabarkan panjang lebar. Saya khawatir, nitizen tadi belum membaca seluruh isi artikel yang saya bagikan.

Tapi tidak apa-apa! Saya juga tak mau menyalahkan nitizen, bertanya seperti itu. Saya anggap itu hal wajar.

Berangkat dari banyaknya pertanyaan itulah, sejujurnya lewat artikel kali ini saya ingin (kembali) menuliskan betapa besarnya potensi kita untuk mendapatkan uang secara cepat dari internet. Caranya, ya menulis online. Menulis artikel di media online, maksudnya!

Dengan menulis online, kita memang bisa mendapatkan uang banyak. Hanya butuh laptop dan jaringan internet, ditambah konsistensi menulis untuk media online.

Karena besarnya peluang mendapatkan uang, banyak pekerja kantoran yang memilih resign (keluar) dari perusahaan.

Bisnis Apa Ya yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Banyaknya karyawan kantoran yang resign, memilih menulis online. Karena pekerjaan menulis online bisa dikerjakan di rumah. Sebelum resign dari perusahaan, dia pasti sudah berpikir, bisnis apa ya yang bisa dilakukan?

Akhirnya melihat peluang menulis online, pekerjaan menulis lambat laun dijadikan bisnis. Ya, bisnis yang menghasilkan uang tanpa modal besar.

Perkembangan teknologi internet saat ini, menjadikan para penulis punya ‘ladang bisnis’ sendiri. Pastinya, yang cukup menguntungkan.

Kini banyak website, situs maupun blog yang mau menerima artikel kita. Website berbayar yang ada saat ini biasanya membayar artikel kita seharga Rp150 ribu hingga Rp250 ribu tergantung kebijakan perusahaan website itu sendiri. Tinggal kalkulasi sendiri berapa nilainya, andai kita bisa memproduksi artikel 15 buah per bulan.

Untuk memudahkan pembaca, saya ingin memberi beberapa daftar situs atau website berbayar yang siap menampung tulisan/artikel kita. Mulai dari doripos.com, nulis.co.id, cakapcakap.com, livejournal.com, hipwee.com, idntimes.com, brilio.net, wattpad.com. Sebenarnya masih banyak situs dan blog di luar sana yang senantiasa membutuhkan tulisan/artikel yang berkualitas. Dari daftar website lokal yang saya sebutkan di atas, itu belum termasuk website asing di luar negeri. Di beberapa website luar negeri, artikel kita tidak dibayar dengan Rupiah, tetapi menggunakan mata uang Dolar Amerika. Pasti tahulah, perbandingan Rupiah dengan Dolar Amerika, bukan.

Teknik Membuat Artikel

Ini yang membuat saya senang berbagi informasi, tips dan tutorial kepada pembaca. Dengan seringnya kita menulis, maka tulisan kita bakal akan lebih tajam lagi. Begitu filosofi yang pernah saya peroleh di bangku kuliah dulu. Nah, untuk tidak berlama-lama, saya ingin berbagi pengalaman bagaimana teknik membuat artikel online di internet.

Siapkan Pulpen dan Notes Kecil.

Mengapa kita perlu menyiapkan pulpen dan notes kecil. Perangkat ini bisa kita jadikan modal dasar, dan mudah dibawa kemana pun kita bepergian. Tulislah apa yang kita lihat di lapangan di notes kecil yang kita bawa. Semua obyek bisa kita tulis di notes itu. Di sepanjang perjalanan ketika kita keluar rumah, kita menemui banyak isu mulai dari ekonomi, sosial, budaya, kuliener, pariwisata, remaja, lingkungan, dan sebagainya. Catatan ini perlu agar nantinya ketika menuangkan dalam artikel, tidak lupa. Catat inti point pentingnya.

Setelah di rumah mungkin kita sudah punya waktu yang pas. Ingatlah, saat menulis artikel kita harus konsentrasi penuh. Kita bisa memulainya dengan merangkai kata-kata dari hasil catatan kita menjadi kalimat-kalimat. Untuk media lokal, biasanya standarnya cukup dengan 500 kata hingga 600 kata per artikel. Menulis artikel online, kita bisa gunakan rumus 5 W + 1 H + 1 S. Maksud 5 W adalah What (apa), Why (Mengapa), Where (dimana), When (kapan), Who (siapa). Sedangkan H maksudnya How (bagaimana). Sebuah artikel harus menambahkan unsur ‘S’ di dalam artikel itu. S maksudnya di sini Sale (jual). Ya, artikel harus memiliki nilai jual. Maka, seorang penulis sebelum menulis artikel online, memilih isu atau topik menarik yang akan ditulis.

Baca Ulang Artikel Kita.

Setelah selesai merangkai kata-kata hingga menjadi deretan kalimat-kalimat, sebaiknya kita baca ulang. Ya, ini perlu agar tidak ada kesalahan ketik di artikel kita. Begitu pun dengan masalah huruf besar. Karena media di mana pun, selalu mengutamakan tata bahasa maupun tanda baca yang baik.

Minta Bantuan Orang Lain.

Maksudnya di sini, setelah tulisan selesai kita perlu meminta bantuan orang lain. Bisa suami, istri, anak, saudara lainnya. Minta mereka agar membaca ulang tulisan Anda. Tanyakan kepada mereka, apakah mereka mengerti terhadap apa yang kita tulis itu.

Baca Ulang dengan Hati.

Sebelum mengirimkan ke alamat website, situs atau blog yang akan kita tuju, sebaiknya kita membaca ulang kembali. Kali ini, kita membaca tulisan kita dengan hati. Ini perlu sebagai check and re-check bagian akhir. setelah tuntas, kita tinggal mengirimnya menunggu penayangannya saja. Begitulah seterusnya hingga kita rajin memproduksi artikel bermanfaat yang menarik.

bisnis apa ya
Peluang bisnis dengan menulis online.
reviewterlengkapblogspot

Terus Belajar dan Konsisten

Persoalan tulis menulis seperti ini, harus diakui mengawali (memulai)nya yang sulit. Tapi setelah kita memulai, mudah-mudahan semuanya mengalir bagai air. Dengan produktifnya kita menulis artikel online ini, kita tinggal menunggu honor yang masuk ke rekening yang telah kita daftar sebelumnya. Jadi dengan begitu, tak ada pertanyaan lagi, bisnis apa ya yang baik untuk saya, dia, ataupun kita. Teruslah belajar dan konsistenlah membuat artikel online, itu harapannya. Semoga!

Share yuk..

Pandapotan Silalahi

Melihat situasi dan menuliskan situasi itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.