Skip to main content
menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk

Menghilangkan Jerawat Dengan Kulit Jeruk, Paling Ampuh!

Salah satu masalah yang dialami kaum remaja saat ini adalah jerawat. Jerawat tak hanya menyebabkan rasa sakit tetapi juga meninggalkan bekas luka yang jelek. Bahkan orang dewasa pun tidak sepenuhnya kebal terhadapnya. Tapi untuk cara menghilangkan jerawat secara alami, sebaiknya gunakan kulit jeruk!

Kondisi ini berkembang ketika kelenjar sebasea kulit menghasilkan terlalu banyak minyak, menyumbat pori-pori kulit. Campuran minyak (sebum), rambut dan sel di pori- pori mendorong pertumbuhan bakteri. Hasilnya menimbulkan jerawat. Parahnya jerawat seringkali berisi nanah. Meskipun ada beberapa krim anti jerawat yang bebas diperjualbelikan tapi tidak semuanya cocok untuk semua orang.

Jadi jika Anda mencari solusi alami, cobalah kulit jeruk karena mengandung senyawa bioaktif dan vitamin C yang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat.

 

Berikut ini saya ingin mengupas bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk. Masalah jerawat ternyata bisa tuntas dengan cara-cara alami, termasuk dengan kulit jeruk.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Menghilangkan Jerawat

Ada banyak sekali manfaat kulit jeruk yang dapat kita ambil untuk kesehatan kulit dan wajah, terutama untuk mengobati jerawat. Berikut beberapa manfat kulit jeruk tersebut:

Phenol dalam Jeruk Hilangkan Bakteri Penyebab Jerawat

Jerawat pada dasarnya adalah infeksi bakteri. Secara khusus, sejenis bakteri yang disebut Propionibacterium acnes (P acnes). Dialah pelakunya! Mikroorganisme ini hidup di kulit kita. Mereka tumbuh subur di pori-pori kulit yang tersumbat, menyebabkan peradangan yang menghasilkan jerawat yang tidak sedap dipandang mata.

Untungnya, ekstrak dari kulit jeruk (jeruk aurantium) telah ditemukan efektif terhadap jenis bakteri P acnes, terutama karena antioksidan fenolik yang terkandung pada kulit jeruk. Satu penelitian bahkan menyimpulkan aksi antibakteri kulit jeruk sama kuatnya dengan antibiotik. Sementara penelitian belum dilakukan pada efek antibakteri dari jenis jeruk lainnya. Namun karena semua kulit jeruk mengandung antioksidan, maka efeknya akan sama.

 

Nobiletin dalam Kulit Jeruk Mengurangi Kandungan Minyak Penyebab Munculnya Jerawat

Kadang-kadang, kelenjar minyak di kulit kita menghasilkan minyak berlebih atau sebum. Ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat. Jika Anda rentan terhadap kulit berminyak, pertimbangkan untuk menggunakan kulit jeruk itu. Penelitian telah menemukan bahwa nobiletin, flavonoid yang ditemukan pada kulit jeruk, sebenarnya dapat mengurangi produksi sebum (minyak diwajah).

Vitamin C dalam Kulit Jeruk Ampuh Atasi Peradangan Jerawat

Memiliki jerawat sudah cukup buruk. Peradangan hanya membuatnya lebih buruk lagi. Tapi ini sejalan dengan infeksi yang disebabkan bakteri P acnes. Bakteri ini juga menyebabkan kemerahan dan pembengkakan, menambah sakit pada jerawat Anda. Untungnya, kulit jeruk juga memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat dari zat Nobiletin yang terkandung didalamnya. Plus vitamin C adalah antioksidan yang dikenal sangat ampuh untuk  mengurangi peradangan. Bahkan, kulit jeruk memiliki lebih banyak vitamin C daripada daging buahnya sendiri.

Kulit Jeruk Ampuh untuk Meratakan Kulit

Biasanya, kulit kita membentuk pelindung terhadap bakteri dan polusi lingkungan seperti bahan kimia. Proses ini  juga akan mencegah kulit dari kehilangan air yang berlebihan. Namun, jerawat dapat membuat kulit kita rapuh dan merusak fungsi pelindung ini.

Kulit jeruk memiliki kandungan astringen, sehingga bisa mempersempit pori-pori kulit dan mengencangkan kulit. Selain itu kulit jeruk juga mencegah kerapuhan kulit.

Tetapi daripada menggunakan kulit jeruk secara langsung, gunakan ekstrak atau minyak esensial yang terbuat dari kulit jeruk. Sebab, Kulit jeruk juga memiliki kandungan metanol yang tinggi dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Menghilangkan Jerawat dengan Kulit Jeruk

Metode 1:

Peras kulit segar dengan ringan untuk melepaskan jus. Gosokkan pada jerawat.

Metode 2:

Dalam blender, campurkan kulit dengan susu menjadi pasta. Oleskan pasta kulit jeruk ini pada jerawat dan biarkan selama 5 hingga 10 menit atau sampai mengering sebelum mencucinya.

Metode 3:

Kulit jeruk dikeringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari dan menggilingnya menjadi bubuk. Saring bubuk kulitnya dan campur dengan susu untuk membuat pasta. Ini dapat dibiarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibersihkan.

Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk di wajah Anda, ingatlah untuk membersihkan wajah dan kulit Anda. Perlu diingat bahwa kulit jeruk dapat menyebabkan sedikit sensasi kesemutan. Tapi Anda tak perlu terlalu khawatir. Untuk lebih aman, lakukan tes skin patch terlebih dulu untuk memastikan kulit jeruk itu serasi dengan kulit Anda.
Jangan mendekati sumber cahaya keras setelah Anda menerapkan pengelupasan pada wajah Anda.

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Tubuh

Banyak dari kita sudah tahu vitamin C dalam jeruk penguat imunitas yang hebat. Tapi apa yang kebanyakan tidak kita sadari bahwa kita sering membuang bagian yang paling bergizi dari buah – kulitnya! Tapi seperti penutup pelindung di sebagian besar buah, kulit jeruk juga mengandung banyak nutrisi penting dan senyawa pendukung kesehatan lainnya, termasuk serat makanan.

Kulit jeruk dan minyak dari kulit itu, digunakan dengan berbagai cara. Para peneliti menemukan banyak kegunaan untuk kulit mengobati penyakit dan bahan yang efektif dalam kosmetik, obat-obatan, penyegar udara, pemutih, agen pembersih dan bahkan kompos. Lihatlah kehebatan kulit jeruk ini:

1. Menghancurkan Bakteri dan Jamur

Di berbagai penelitian, kulit jeruk telah terbukti memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar. Kulitnya sangat kaya flavonoid – senyawa organik yang ditemukan dalam tumbuhan dan dikategorikan sebagai metabolit sekunder tanaman – yang telah terbukti bermanfaat dalam perawatan antijamur dan anti-inflamasi.

Berasal dari kulit, minyak jeruk mengandung sifat antimikroba yang efektif melawan bakteri. Dalam bentuk minyak dan uap, mereka juga dapat digunakan sebagai aditif makanan alami yang aman.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa minyak kulit jeruk dapat efektif dalam melawan infeksi jamur. Satu studi menemukan bahwa uap menunjukkan efektivitas yang lebih besar, sementara minyak menghasilkan hasil yang lebih cepat.

2. Melawan Kanker

Mungkin beberapa penelitian yang paling menarik telah meneliti sifat-sifat antikanker jeruk. Para peneliti telah menemukan bahwa polymethoxyflavones (PMFs), sejenis flavonoid yang ditemukan dalam kulit jeruk, bertindak sebagai ‘agen pelindung’ dalam melawan sel kanker. PMF tampaknya mencegah karsinogenesis dengan memblokir kaskade metastasis (menyebar ke organ lain) dan mengurangi kemampuan sel kanker untuk bergerak melalui sistem sirkulasi.

3. Menyediakan Serat Makanan

Kulit jeruk tinggi serat makanan. Tetapi siapa yang ingin menggigit kulit tebal dan pahit itu? Untungnya, Anda bisa mengonsumsi kulit jeruk dalam bentuk bubuk sebagai cara untuk menambahkan lebih banyak serat ke dalam diet Anda. Kulitnya terdiri dari sekitar 61-69% serat, dengan porsi serat larut yang signifikan (19-22%) – bantuan
pencernaan yang hebat.

4. Mengantisipasi Peradangan

Peradangan kronis menjadi penyebab utama berbagai penyakit degeneratif, termasuk penyakit kardiovaskular, Alzheimer, diabetes, dan kanker. Sekali lagi, flavonoid dalam kulit jeruk adalah bintang yang sebenarnya di sini. Mereka dapat dengan mudah menembus membran. Ini disebut “bioavailabilitas” dan para peneliti terinspirasi untuk
mempelajari penggunaan potensial flavonoid dalam pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit.

Satu hal penting yang mereka temukan adalah flavonoid dalam kulit jeruk ini dapat bertindak sebagai obat anti-inflamasi.

5. Menghilangkan Jerawat

Antioksidan fenolik dalam kulit jeruk pahit dapat bertindak efektif melawan bakteri penyebab jerawat sebagai antibiotik standar. Karena kulit jeruk ini memiliki lebih banyak vitamin C daripada daging buah, menggunakan jus kulit jeruk pada jerawat Anda juga dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Jika Anda menggunakan kulit jeruk untuk waktu yang lama, nobiletin flavonoid dalam kulit jeruk dapat mengurangi produksi sebum dan mencegah penumpukan minyak dan kotoran di pori-pori kulit. Hal ini, pada dasarnya, mencegah jerawat.

Jadi Anda yang doyan makan jeruk, jangan buang kulitnya. Karena kulitnya sangat bermanfaat bagi kulit, terutama menghilangkan jerawat. (dps)

Share yuk..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.